Kamis, 15 Oktober 2009

Karya Patung 43 wanita perupa tentang tubuh wanita

Tubuh Wanita di Mata 43 Wanita Perupa
Kamis, 15/10/2009 | 13:43 WIB

KOMPAS.com - Tubuh, pikiran, dan paras seorang wanita menyimpan kekuatan sekaligus kelembutan. Arti wanita bagi masing-masing orang di dunia ini bisa berbeda-beda. Bisa menjadi obyek, menjadi subyek, menjadi apa pun. Namun, satu hal yang pasti, disadari atau tidak, wanita memiliki peran penting dalam dunia ini.

“Selama ini wanita selalu dipandang sebagai obyek, dan kebanyakan dari segi sensualnya. Mengapa? Karena pelaku industri ini kebanyakan adalah pria, dan pria memandangnya dari sisi tersebut,” tutur seniman Yani Mariani Sastranegara.

Untuk mengubah pandangan pria tersebut, Andi’s Gallery mengajak 43 wanita perupa dari seluruh Indonesia untuk menuangkan persepsi mereka tentang wanita dalam pameran bertajuk My Body.

My Body yang digelar dari tanggal 14 – 25 Oktober 2009 di lantai Lower Ground, East Mall, Grand Indonesia Shopping Town (GIST), Jakarta ini mengetengahkan isu-isu yang kerap dihadapi oleh perempuan. Isu-isu tersebut antara lain; persoalan domestik, persoalan seksual, dan persoalan konsumsi. Isu-isu ini dipresentasikan dalam seni rupa berbentuk lukisan, patung, dan objek seni lain. Maksud dari pameran ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi para wanita untuk melihat dan membagi pandangan mereka seputar tubuh perempuan. Diharapkan, melalui pameran ini bisa muncul sejumlah pemaknaan baru, dan redefinisi terhadap tubuh perempuan.

“Lukisan saya ini menggambarkan tubuh wanita apa adanya. Saya sebagai subjek memandang tubuh wanita dengan wajar. Tubuh wanita ketika ia masih kecil, usia dewasa, dan usia matang. Lukisan ini sebenarnya terdiri atas 4 set, namun saya jatuh sakit hingga tak bisa menyelesaikan yang terakhir. Dalam menyelesaikan karya ini, saya berusaha untuk senetral mungkin,” terang Yani, beberapa waktu sebelum pembukaan pameran.

Karya Yani merupakan salah satu interpretasi para wanita perupa ini. Karya lainnya berbentuk unik dengan menggunakan beragam bahan, corak, dan bidang. Ke-43 perempuan wanita perupa ini berasal dari Jakarta (10 orang), Bali (4 orang), Bandung (15 orang), dan Yogyakarta (14 orang). Di antara ke-43 perupa tersebut terlihat beberapa nama yang sudah cukup dikenal, yaitu Dolorosa Sinaga, Theresia Agustina Sitompul (Tere), Gilang Cempaka, dan Laksmi Shitaresmi.

Mengenai penyelenggaraan pameran di mal, Teges Prita Soraya, Senior Marketing Communication Manager GIST, mengatakan, “Saat ini mal dianggap sebagai salah satu lokasi menarik untuk memamerkan karya seni. Diharapkan dengan mengadakan pameran di mal, karya seni akan semakin dapat dikomunikasikan dan dikenal masyarakat.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

action figure

Action figure Zarbon action figure made by Bandai , from the Dragon Ball franchise . An action figure ...