Sabtu, 17 Oktober 2009

patung outdoor sebagai publik domain

Istilah patung out door/luar ruangan biasanya dipergunakan  untuk membedakan dengan patung yang dipajang di dalam  ruang galeri maupun museum,patung out door mempunyai permasalahan yang berbeda dengan patung indoor.
salah satu yang mendasar dari patung out door adalah aspek penikmatan oleh publik,karena patung out door bereda dalam publik domain, sehingga publik seakan-akan  harus  menjadi penikmat karya tersebut. Didalam ruang publik, sebuah patung menjadi bagian dari lanskap publik, hal ini menimbulkan situasi paradoksal, yaitu di satu sisi sebagai karya seni yng ulitimate, patung harus otonom karena merupakan ekspresi individu seniman, namun disisi yang lain, apapun  yang berada dalam publik domain dianggab mempunyai konsekuensi yang harus diterima oleh publik, atau paling tidak komunitas pengguna dan pemilik ruang publik tersebut,  baik bersifat positif maupun negatif.
karya patung yang tidak di sukai oleh publiknya akan dianggab sebagai pengganggu, gangguan ini bisa bersifat fisik, misal mengganggu  aktifitas,maupun bersifat estetik,misal dianggab kotor,merusak pemandangan dll, dan juga bersifat etika, misal dianggab merusak norma dan tata aturan yang berlaku dalam masyarakat.
Untuk itu perlu upaya-upaya untuk meminimaliskan dampak penenolak terhadap karya seni yang berada dalam publik domain ini adalah salah satunya dengan melibatkan partisipasi publik dalam penciptaan maupun perencanaan patung out door sehingga  timbul rasa memiliki terhadap karya tersebut, sekaligus sebagai legitimasi publik terhadap keberadaan karya patung tersebut.
sehingga karya tersebut bisa memberikan dampak positif bagi publik maupun bagi lingkungannya.
patung sebagai karya tiga dimensional benar-benar berada dalam ruang nyata, sehingga setting penempatan sebuah patung menjadi pertimbangan yang utama.


disarikan dari buletin API edisi Khusus September 2002
(mohon pembaca sekalian  dapat melengkapi/menambahkan wacana  ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

action figure

Action figure Zarbon action figure made by Bandai , from the Dragon Ball franchise . An action figure ...